Hari Kedua Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan, Humas Lapas Pangkalpinang Terima Strategi Menghadapi Media

Hari Kedua Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan, Humas Lapas Pangkalpinang Terima Strategi Menghadapi Media

Jakarta, INFO_PAS - Hari kedua pelaksanaan Pembentukkan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan. Humas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pangkalpinang (Lapas Pangkalpinang) menerima materi tentang Strategi Komunikasi, yaitu strategi menghadapi pertanyaan media, di Ballroom Novotel Mangga Dua Jakarta, (7/9).

Pada kesempatan ini, para peserta diberikan pembekalan terkait menghadapi komunikasi krisis Pemasyarakatan, yakni menjawab langsung pada pesan kunci yang telah disiapkan.

Narasumber Chacha Annisa yang merupakan News Ancher TV One menyampaikan para Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) dan Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Pemasyarakatan (Ka.UPT) harus dituntut untuk bisa tenang, cermat dan teliti dalan menjawab pertanyaan dari media.

"Straight to the points, langsung ke pesan kuncinya, tidak bertele-tele, fokus kepada pertanyaan,” ucap Chacha

Chacha juga mendorong para Kadivpas dan Ka. UPT Pemasyarakatan untuk melakukan perencanaan dalam memberikan keterangan kepada media saat terjadinya komunikasi krisis Pemasyarakatan. Pertama, ambil kendali situasi, kemudian menyampaikan fakta, serta menjawab pertanyaan secara langsung.

Sama halnya dengan Narasumber Bahrul Wicaksana yaitu Country Director of Search for Common Ground, ia menyampaikan bahwa langkah yang tepat saat terjadi komunikasi krisis adalah dengan mengumpulkan data dan fakta di lapangan, melaksanakan self-assement dan lakukan koordinasi dan sinergi dengan stakeholder.

Diakhir kegiatan, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Sesditjenpas) Heni Yuwono mengajak seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk bekontribusi aktif dalam membangun reputasi positif Pemasyarakatan

“Saya yakin setelah melaksanakan kegiatan manajemen komunikasi krisis Pemasyarakatan selama kurang lebih dua hari ini, pastinya Bapak/ibu sedikit banyak telah memahami bagaimana manejemen krisis komunikasi terutama bagi Kadivpas dan Ka.UPT Pemasyarakatan. Mari kita bangun citra positif bagi Pemasyarakatan maju,” sebut Sesditjenpas saat menutup kegiatan Manajemen Komunikasi Krisis Pemasyarakatan. (kp)

(edit)

logo besar kuning
 
LAPAS KELAS IIA PANGKALPINANG
KANWIL KEMENKKUMHAM PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Jl. Kampung Melayu No.1 Tua tunu Kel. Air Kepala Tujuh Kec. Gerunggang Kota Pangkalpinang
0717-421500

Email Kehumasan
lp.pangkalpinang@kemenkumham.go.id 

Email Aduan
Pengaduan.lppangkalpinang@kemenkumham.go.id 

Hari ini177
Kemarin343
Minggu ini177
Bulan ini5524
Total 135811

20-05-2024